Senin, 11 Mei 2009

Trip 1-Gunung Gede Pangrango

Hidup lebih berwarna ketika gue memutuskan untuk menjadi bagian dari tim sahabat alam-daai Tv.. hehe.. gue masih baru banget di dunia ini.. hehe.. gue masih butuh doa dan semangat dari orang banyak.. hehe

Sebelum pergi, gue bener bener deg deg kan banget.. Boleh tanya temen2 gue, hehe, gue sangat minta doa dan support dari temen2.. hehe..

Ini penjelajahan pertama gue. Gunung Gede Pangrango.. Selama 5 hari 4 malam gue dan tim Sahabat Alam akan mencapai 2 puncak gunung yang sangat terkenal di pulau Jawa.. katanya nih, nanti gue bisa melihat padang edelwies dan melihat kota kota yg ada di sekitar GUnung Gede Pangrango..

Day 1: sampai di Resort Gunung Putri, konservasi, nginap di GPO
Dari Jakarta saya dan tim Sahabat Alam (Mas Nanang, Fahzri, Bambang, Fitri, dan Teguh) memulai perjalanan. Kami kumpul di DAAI TV dan menuju tol arah Cisarua Bogor.. Karena gue orang baru nih, gue menyimak mereka yg bercerita tentang kru-kru DAAI TV lainnya (ups, off the record ya)...

Nah setibanya di Cisarua tepatnya di Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango saya dan tim bertemu Ibu Indera salah satu dinas dari menteri kehutanan.. Rasa seger banget yang gue rasakan.. hehehe... Abis dapet surat izin, kita langsung ke pos Gunung Putri sebagai start awal perjalanan.. hehehe

Tiba di Pos Gunung Putri, action pertama gue dimulai, turun mobil dan stand in...hehe
Di Pos Gunung Putri saya disambut dengan Pak Usep - petugas yang ada di Gunung Putri. nah, hari ini gue dan tim belum akan naik puncak gede paangrango.. Tapi gue dapet kesempatan untuk mengadopsi pohon dan lebih mengenal kehidupan masyarakat lokal yang ada di kaki gunung Gede Pangrango..

Saya dan tim diajak pak usep ke POS GPO- Gede Pangrango Opetrations.. GPO ini udah dibentuk dari tahun 1990an.. Wuihh udah lama juga yah.. Disini gue kenalan sama temen-temen GPO (kang wanto, Memet, Pak RT, Mang Nanang, Kang Bidin)--yang nantinya akan menjadi porter kita sekaligus tour guide... hehe..

Abis kenalan, kita semua menuju ke lahan adopsi.. hore.. nanam pohon merupakan salah satu kegemaran gue.. Di rumah mana mungkin gue nanam pohon.. baru sebelah kiri udah tembok ke sebelah kanan juga tembok.. fuih.. nyari tanah di rumah susah banget... untung masih ada kesempatan buat nanam pohon.. heheh --- curcol deh gue..

Total pohon yang gue tanam waktu itu sekitar 4 pohon.. dikit sih, tapi lumayan lah.. hehe.. gue nanem pohon huru, rasamala, dll.. hehe... Abis itu nyobain daun Rasamala enak loh baunya kayak mangga dan katanya nih, bisa buat pengrapet.. hahaha....
Dari kegiatan ini, gue ngerasain banget betapa ramahnya penduduk-penduduk lokal disini.. gue nyobain lobak Jepang yang rasanya seperti bangkuang.. haha... enak..

Malamnya gue dan tim belanja di swalayan terdekat.. barang-barang yang kita belanjain so pasti buat logistik selama 3 malam di atas Gunung Gede pangrango..hehehe.. abis belanja, ngobrol bentar sama temen2 GPO dan tidurrr... zzzzzz...zzzzzzzzzz..zzzzzzzzz

Hari 2: melihat sunrise, naik ke suryakencana (surken) barat
Dinginn.. pagi ini gue dibangunkan dengan hawa dingin yang ada di Gunung Putri.. bergegas gue menuju ke depan buat liat sun rise.. yeeee.. seneng banget bisa ngeliat sunrise.. Klo dibandingin di Jakarta, mana mungkin masih bisa ngiliat sunrise.. tembok dan gedung2 smua.. huhu..

Abis menikmati sunrise, saya masuk lagi ke pos GPO.. mandi nga, mandi nga.. aduh rasanya malesss banget buat mandi.. airnya bener2 kyk air kulkas... huhu... tapi mau ga mau mandi deh, mengingat nanti selama di Gunung udah pasti banget gue ga mandi.. haha.. Dingin banget, abis mandi gue amaze banget, badan gue ngluarin asap gitu.. haha.. seruu...

Nah, abis mandi kita siap2 packing ulang, sarapan pagi, berdoa, dan foalaaa.. akhirnya pendakian dimulai.. Baru sekitar 30menity perjalanan, rasanya udah capeee banget.. Untung ada coklat dan air.. hehe.. trus kita harus pintar2 mengambil nafas supaya ga ngos2 ngosan... fuihhh.. tapi tetep aja ngos2an.. haha..

Ditengah perjalanan, saya banyak menemukan flora yang khas di Gunung Gede Pangrango.. Jalur pendakian Gunung Putri salah satu jalur alternatif favourite.. katanya sih jalur ini tak teralu berat.. tapi buat gue.. oke deehh. haha..

Naik-naik ke puncak gunung... hhe.. lagu waktu kecil yang baru bisa gue rasain sekarang.. ternyata ga segampang lagunya.. hehehe... jalurnya yg mendaki dan kadang curam juga membuat guen ngos ngosan. haha..

Makin ke atas-udara makin dingin dan ranting ranting pohon semakin kecil.. Akhirnya sampai juga di dataran landai.. namanya Alun-alun Suryakencana Timur.. padang edelwies.. cihuyy... akirnya sampai juga di padang edelwies, kita istirahat bentar trus lanjut lagi ke alun2 barat surken-tempat saya dan tim bermalam... hehe...